Plt Wali Kota Tanjungbalai Laksanakan kunjungan Ke Kementerian Koperasi RI
Cari Berita

Advertisement

Plt Wali Kota Tanjungbalai Laksanakan kunjungan Ke Kementerian Koperasi RI

Senin, 18 Oktober 2021


SIPASNA.COM | Tanjungbalai - 
Dalam rangka memperkuat sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang berkesinambungan, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib didampingi Plh Seketaris Daerah Nurmalini Marpaung beserta Kepala OPD melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Koperasi dan UKM RI

Kunjungan tersebut sebagai rangkaian dari lawatan Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai yang dipimpin Plt Wali Kota jelang menghadiri Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021, yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (APEKSI) tingkat Nasional, di The Rich Jogja Hotel, Yogyakarta pada 13 hingga 15 Oktober di Yogyakarta.

Rombongan Pemkot Tanjungbalai diterima langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki didampingi Staf khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, M. Riza Damanik diruang kerja Menteri Koperasi RI, Lt VIII, Jakarta (Jumat, 8/10/2021)

Pada kesempatan tersebut Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang begitu hangat dari bapak Menteri Koperasi dan UKM RI. Waris juga menyampaikan, jika Bapak berkenan dan ada waktu untuk dapat berkunjung ke Kota Tanjungbalai

Secara khusus,Plt Wali Kota Tanjungbalai juga bermohon terkait program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI yang dapat disinergikan dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai dibidang peningkatan program Koperasi dan UKM sehingga mampu memiliki produk UMKM yang berdaya saing di Kota Tanjungbalai yang mana hal ini sejalan dengan program Pemerintah Pusat terkait pemulihan ekonomi.

Beberapa hal yang menjadi fokus perhatian di Kota Tanjungbalai yang akan dikembangkan diantaranya pengolahan briket arang dari kelapa, tempat pelelangan ikan (TPI) mengingat Kota Tanjungbalai dikenal sebagai salah satu penghasil ikan di Sumatera Utara.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki menyampaikan agar Pemerintah Kota Tanjungbalai dalam waktu dekat dapat membuat Koperasi bagi nelayan mengingat masyarakat Tanjungbalai yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan.

"Pemerintah daerah, khususnya Kota Tanjungbalai juga terus mengembangkan UMKM yang terus bergerak dalam menumbuhkan ekonomi nasional. Kemampuan produk lokal juga harus terus kita dukung, produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM harus benar benar mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan memiliki daya saing dengan produk yang sama baik secara nasional, Ungkapnya.(MR)