Plt.Walikota Tanjungbalai Monitoring PTM Terbatas SD Hingga SMA Sederajat
Cari Berita

Advertisement

Plt.Walikota Tanjungbalai Monitoring PTM Terbatas SD Hingga SMA Sederajat

Rabu, 01 September 2021


SIPASNA.COM |Tanjungbalai
Pelaksana Tugas (Plt) Tugas Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Tholib bersama Forum koordinasi pemimpin daerah (Forkopimda) Kota Tanjungbalai hari ini memonitoring langsung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menegah Atas sederajat di daerah setempat, Rabu (1/9).

Monitoring PTM tersebut dihadiri Dandim 0208/As Letkol INF Sri Marantika Beruh, mewakili Ketua DPRD Tanjungbalai Martin Chaniago, Kapolres Tanjungbalai AKBP Triyadi, Mewakili Danlanal TBA, Mayor Laut (P) H. Nabil, Ketua PN Tanjungbalai Salomo Ginting, mewakili Kajari TBA.

Monitoring dilakukan ke SD Negeri 132406, SMP Negeri 1, SMA Negeri 1, MAN Tanjungbalai, SMK Negeri 1 dan MAS YMPI. Turut mendampingi Plt Kadisdik Tanjungbalai Azhar dan Kacabdisdik Kota Tanjungbalai Provinsi Sumatera Utara Rahmat Hidayat Rambe.

Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib mengatakan, monitoring dilakukan berdasarkan Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor 198.54/39.INST/2021 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Provinsi Sumatera Utara.

Ia melanjutkan, tujuan monitoring untuk memastikan pihak sekolah mulai SD hingga SMA sederajat dalam pelaksanaan PTM terbatas sesuai Standart Operasional Prosedur/SOP dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 disetiap tingkatan sekolah.

"Sudah cukup lama peserta didik belajar dalam jaringan akibat pademi COVID-19 yang berkepanjangan. Sekarang kita patut bersyukur pemerintah telah mengizinkan PTM sehingga anak-anak (pelajar) dapat bisa belajar dan berinteraksi langsung dengan guru," ujar Waris.

Ia menambahkan, meskipun PTM belum maksimal, mamun diyakini pelaksanaannya bisa membawa dampak positif dalam perkembangan dunia pendidikan kedapannya.

"Namun demikian, kita mengimbau kepada pihak sekolah, guru dan peserta didik tetap menerapkan Prokes minimal dengan gerakan Mencucu Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jara atau 3M," kata Waris.

Sebelumnya saat melihat langsung pelaksanaan PTM terbatas di ruang kelas, Plt Wali Kota Waris Tholib juga berdialog sambil memberikan motivasi dan semangat kepada para tenaga didik dan peserta didik. Tidak hanya itu, beliau juga berkeliling melihat sarana prasarana yang tersedia di sekolah mulai dari tempat cuci tangan hingga ruang kelas.

Plt Wali Kota Tanjungbalai berpesan kepada para guru untuk selalu mengecek pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah masing-masing dan juga menghimbau kepada para peserta didik untuk menerapkan protokol kesehatan tidak hanya di sekolah saja tetapi di rumah dan dalam kegiatan keseharian pun tetap harus dilaksanakan.

"Saat ini kita belum benar-benar terbebas dari Covid-19. Kami berharap prokesnya selalu diterapkan tidak hanya ketika di sekolah tapi dalam kegiatan keseharian pun tetap kita jaga," pungkasnya.(Mr)