Tanggul Sungai Bah Apel di Simalungun Jebol, Tiga Kecamatan di Batu Bara Terendam Banjir
Cari Berita

Advertisement

Tanggul Sungai Bah Apel di Simalungun Jebol, Tiga Kecamatan di Batu Bara Terendam Banjir

Minggu, 17 Januari 2021


SIPASNA
.COM | Batu Bara
- Intensitas curah hujan yang tinggi dan pecahnya tanggul sungai Bah Apel di Kabupaten Simalungun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Batu Bara mengakibatkan banjir dibeberapa Kecamatan. Sedikitnya ada tiga kecamatan yang terendam banjir, diantaranya Kecamatan Medang Deras, Kecamatan Sei Suka dan Kecamatan Laut Tador.


Dari informasi BPBD Kabupaten Batu Bara, banjir terparah berada di desa Dewi Seri dan Desa Perk. Tanjung Kasau Kecamatan Laut Tador. Di lokasi ini kurang lebih sebanyak 320 rumah terendam banjir sejak kamis sore.


Bupati Batu Bara Ir. H Zahir, M.AP, didampingi Sekda Sakti Alam Siregar, SH, Kapolres Batubara AKBP. H Ikhwan Lubis, SH, MH, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs.Sahala Nainggolan, MM, Kadis Sosial Ishak  dan Camat Laut Tador meninjau lokasi banjir. 


Bupati Batu Bara dalam tinjauannya menyalurkan bantuan langsung kepada warga korban banjir berupa  paket sembako. Sebanyak 402 paket sembako berupa beras 10 kg, minyak 2 kg, gula 1 kg dan telur 1 papan.


Dalam kesempatan ini Bupati Zahir menyampaikan, agar masyarakat korban banjir tabah menghadapi bencana ini dan berdoa bersama sama agar bencana yang terjadi di Kabupaten Batu Bara cepat selesai. "Kabupaten Batu Bara merupakan wilayah Kabupaten terendah di provinsi Sumatera Utara, itu lah sebabnya Kabupaten Batu Bara menjadi langganan banjir", Kata Zahir.


Pantauan statusrakyat.com, untuk menanggulangi bencana banjir tersebut Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui dinas sosial dan BPBD telah menurunkan bantuan berupa sembako, mendirikan posko kesehatan, dapur umum dan satu unit alat berat berupa Eskavator untuk menormalisasikan sungai, agar air yang menggenangi perumahan warga cepat surut.  (RH/Kadembo)